Kamis, 04 April 2013

TUGAS ETIKA DAN NILAI LINGKUNGAN : MENJAWAB 6 PERTANYAAN

DITULIS OLEH : WINDY KIRANI , TGL 4 APRIL 2013 , windykirani@gmail.com

1.  Jelaskan apa yang dimaksud dengan ekosistem? rincikan ekosistem apa saja yang ada di bumi dan di sekitar anda... lengkapi dengan gambar
Jawab :
Pengertian ekosistem pertama kali dikemukakan oleh seorang ahli ekologi berkebangsaan Inggris bernama A.G. Tansley pada tahun 1935, walaupun konsep itu bukan merupakan konsep yang baru. Sebelum akhir tahun 1800-an, pernyataan-pernyataan resmi tentang istilah dan konsep yang berkaitan dengan ekosistem mulai terbit cukup menarik dalam literatur-literatur ekologi di Amerika, Eropa, dan Rusia (Odum, 1993).
Beberapa definisi tentang ekosistem dapat diuraikan sebagai berikut :
a. Ekosistem adalah suatu unit ekologi yang di dalamnya terdapat hubungan antara struktur dan fungsi. Struktur yang dimaksudkan dalam definisi ekosistem tersebut adalah berhubungan dengan keanekaragaman spesies (species diversity). Ekosistem yang mempunyai struktur yang kompleks, memiliki keanekaragaman spesies yang tinggi. Sedangkan istilah fungsi dalam definisi ekosistem menurut A.G. Tansley berhubungan dengan siklus materi dan arus energi melalui komponen komponen ekosistem.
b. Ekosistem atau sistem ekologi adalah merupakan pertukaran bahan-bahan antara bagian-bagian yang hidup dan yang tak hidup di dalam suatu sistem. Ekosistem dicirikan dengan berlangsungnya pertukaran materi dan transformasi energi yang sepenuhnya berlangsung diantara berbagai komponen dalam sistem itu sendiri atau dengan sistem lain di luarnya.
c. Ekosistem adalah tatanan dari satuan unsur-unsur lingkungan hidup dan kehidupan (biotik maupun abiotik) secara utuh dan menyeluruh, yang saling mempengaruhi dan saling tergantung satu dengan yang lainnya. Ekosistem mengandung keanekaragaman jenis dalam suatu komunitas dengan lingkungannya yang berfungsi sebagai suatu satuan interaksi kehidupan dalam alam (Dephut, 1997).
d. Ekosistem, yaitu tatanan kesatuan secara kompleks di dalamnya terdapat habitat, tumbuhan, dan binatang yang dipertimbangkan sebagai unit kesatuan secara utuh, sehingga semuanya akan menjadi bagian mata rantai siklus materi dan aliran energi (Woodbury, 1954 dalam Setiadi, 1983). 

Macam-macam ekosistem yang ada di bumi :
a. Ekosistem Darat, ialah ekosistem yang lingkungan fisiknya berupa daratan. Berdasarkan letak geografisnya (garis lintangnya), ekosistem darat yaitu sebagai berikut : Gurun,
Hutan Hujan Tropik 


b. Ekosistem Air Tawar, dengan ciri-ciri antara lain : variasi suhu tidak menyolok, penetrasi cahaya kurang, dan terpengaruh oleh iklim dan cuaca. Macam tumbuhan yang terbanyak adalah jenis ganggang, sedangkan lainnya tumbuhan biji. Hampir semua filum hewan terdapat dalam air tawar. Organisme yang hidup di air tawar pada umumnya telah beradaptasi. Ekosistem air tawar digolongkan menjadi air tenang dan air mengalir. Termasuk ekosis­tem air tenang adalah danau dan rawa, termasuk ekosistem air mengalir adalah sungai.


2. Apa yang dimaksud dengan nilai lingkungan? lengkapi dengan bagaimana mengkuantifikasi nilai lingkungan,
Jawab :
 
Nilai lingkungan diartikan norma dan etika manusia yang menjadikan pegangan bagi seseorang atau kelompok dalam mengatur tingkah laku terhadap lingkungan disekitarnya. Berdasarkan nilai itu, maka dalam konteks lingkungan hidup, manusia mempunyai keutamaan, bila ia mampu memelihara, mengelola dan melestarikan lingkungan hidupnya dengan baik. Sarana pencegahan pencemaran atau pengelolaan limbah dikatakan mempunyai arti, jika dapat bekerja dengan semestinya dalam mencegah atau menanggulangi pencemaran .
Nilai lingkungan bisa juga diartikan adanya kandungan yang terdapat dalam lingkungan. Lingkungan yang mempunyai nilai positif, berharga dan dipentingkan dengan sebaik-baiknya, dimana artinya yang berkarakter dan mendukung terciptanya perwujudan nilai-nilai lingkungan dalam menunjang kehidupan, seperti karakter cinta pada Sang Maha Pencipta dan segenap ciptaan-Nya. Artinya juga nilai lingkungan harus mencakup kemandirian dan tanggung jawab, kejujuran dan amanah, diplomatis, hormat dan santun, dermawan, suka tolong-menolong, gotong royong dan kerjasama dalam menjaga dan melestarikan lingkungan.
Mengkuantifikasi nilai lingkungan dapat diartikan sebagai upaya kita menjaga lingkungan dalam kehidupan sehari-hari, atau dengan kata lain, setiap kita hendak melakukan sesuatu sebaiknya kita memperhitungkan nilai lingkungannya. Misal : saat kita sudah meminum air dari botol minuman kemasan, kita biasanya langsung menbuangnya. Tapi dengan mengkuantifikasi nilai lingkungan, akan lebih baik bila kita merusak botol tersebut terlebih dahulu (dengan cara meremuk atau mengguntingnya), agar tidak disalahgunakan oleh orang lain yang tidak bertanggungjawab, atau berpikir untuk me re-use atau re-cycle nya
3.  Jelaskan jenis-jenis etika lingkungan yang anda ketahui. Jelaskan bagaimana strategi penerapan etika lingkungan itu
Jawab :
Etika Lingkungan disebut juga Etika Ekologi, yang terdiri atas etika ekologi dalam dan etika ekologi dangkal.
a.      Etika ekologi dalam, adalah pendekatan terhadap lingkungan yang melihat pentingnya memahami lingkungan sebagai keseluruhan kehidupan yang saling menopang, sehingga semua unsur mempunyai arti dan makna yang sama. Etika Ekologi ini memiliki prinsip yaitu bahwa semua bentuk kehidupan memiliki nilai bawaan dan karena itu memiliki hak untuk menuntut penghargaan karena harga diri, hak untuk hidup dan hak untuk berkembang. Premisnya adalah bahwa lingkungan moral harus melampaui spesies manusia dengan memasukkan komunitas yang lebih luas. Komunitas yang lebih luas disini maksudnya adalah komunitas yang menyertakan binatang dan tumbuhan serta alam.
b.      Etika ekologi dangkal, adalah pendekatan terhadap lingkungan yang menekankan bahwa lingkungan sebagai sarana untuk kepentingan manusia, yang bersifat antroposentris. Etika ekologi dangkal ini biasanya diterapkan pada filsafat rasionalisme dan humanisme serta ilmu pengetahuan mekanistik yang kemudian diikuti dan dianut oleh banyak ahli lingkungan. Kebanyakan para ahli lingkungan ini memiliki pandangan bahwa alam bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.
 Selain itu etika lingkungan juga dibedakan lagi sebagai etika pelestarian dan etika pemeliharaan. Etika pelestarian adalah etika yang menekankan pada mengusahakan pelestarian alam untuk kepentingan manusia, sedangkan etika pemeliharaan dimaksudkan untuk mendukung usaha pemeliharaan lingkungan untuk kepentingan semua mahluk.


Strategi dalam penerapan etika diatas adalah : mulai dari yang paling sederhana, dan dari diri sendiri terlebih dahulu. Kemudian kita harus memberi pengajaran dan contoh dalam ber etika lingkungan pada keluarga kecil kita dan tetangga kita. Dengan cara ini, diharapkan dapat menciptakan manusia beretika lingkungan yang berdampak baik pada kelangsungan bumi beserta isinya.

4.  Jelaskan mengapa menggunakan blogspot ini merupakan bukti komitmen bahwa kita mendukung perwujudan kebijakan pemerintah dalam e-government di satu sisi dan mengekspresikan etika kita terhadap lingkungan. Lengkapi dengan argumen ilmiahnya.
Jawab :

 Karena dengan menggunakan blogspot, secara tidak langsung, kita telah membantu pemerintah dalam upaya menerapkan e-government, dan berarti juga kita turut menerapkan etika lingkungan, yaitu penghematan kertas, yang bila dilakukan terus menerus dan oleh kebanyakan orang, maka dalam jangka panjang akan menekan tingginya kejadian penebangan pohon dan dapat memberi waktu yang cukup untuk reboisasi. Sehingga dapat mencegah terjadinya bencana seperti banjir, dan tanah longsor.

5.  Mengapa jejak ekologis itu merupakan gambaran apakah seseorang itu menyumbang terhadap kerusakan lingkungan atau tidak?
Jawab :

Jejak ekologi, sebutan sederhana bagi ecological footprint, merupakan satu sistem yang mengukur seberapa banyak tanah dan air yang diperlukan populasi manusia untuk menghasilkan sumber yang mereka habiskan dan menyerap limbah yang dihasilkannya.  Pada tugas sebelumnya, dimana kita menghitung jejak ekologi pribadi, tampak sekali bahwa apa yang kita lakukan, gunakan, dan habiskan sehari-hari berpengaruh pada kelangsungan bumi. sehingga jelas sekali bahwa jejak ekologi seseorang yang menghabiskan banyak energi berhubungan dengan kerusakan lingkungan di masa yang akan datang.

6.  Sudahkah anda membuat dan mengelola blogspot dengan baik? Nilai anda juga sangat ditentukan dengan pengelolaan blogspot anda
Jawab :
Mengelola blogspot adalah suatu hal baru bagi saya. Tapi saya akan terus belajar dan berupaya untuk mengelolanya dengan baik



Tidak ada komentar:

Posting Komentar